5 Kota Besar Di Dunia Yang Terancam Tenggelam


Tenggelam dan hilang dari peta. Itulah ancaman yang akan dihadapi Kota-Kota di bawah ini jika tak segera membenahi diri.
Kenapa? Karna Ancaman dari banjir air, ancaman penurunan tanah (land subsidence) serta ancaman dari naiknya air laut akan menjadi ancaman untuk Kota-Kota Besar di Dunia ini.
Dan tidak menutup kemungkinan pada 30-80 tahun ke depan, Kota-Kota ini pun akan benar-benar lenyap dari muka bumi ini.
Dan berikut inilah beberapa Kota-Kota tersebut. Berikut info yang dikutip dari riskydhe.mywapblog.com


   Bangkok-Thailand

Perubahan pada iklim karena efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah. Itulah yang akan menyebabkan Bangkok diprediksikan akan tenggelam pada tahun 2100 mendatang.
Smith Dharmasaroja, yang adalah seorang kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand, yang telah mengemukakan prediksi tersebut. Dan prediksinya ini pun ditanggapi dengan sangat serius, bagaimana tidak, karna Pria ini pula yang telah memprediksi terjadinya Tsunami di Samudra Hindia pada tahun 2004 silam.
Faktor yang ke 2 (dua) adalah, letak geografis Kota Bangkok yang hanya 1,5 meter saja dibawah permukaan laut. Dan hal ini juga yang telah menyebabkan Bangkok kerap kali menjadi langganan Banjir.


   Ho Chi Minh City-Vietnam

Ho Chi Minh City, yang juga dikenal dengan sebutan Saigon ini, adalah salah satu dari Kota Yang Terancam Tenggelam.
Hal ini dikarenakan setiap banjir yang terjadi di Kota ini selalu meningkat setinggi 2 cm, setiap tahunnya.


   Shanghai City-China

Awalnya daerah tempat kota Shanghai ini dibangun adalah sebuah rawa, seperti yang kita ketahui bahwa, daerah rawa jelas memiliki kepadatan tanah yang sangat kurang baik. Atau juga dapat dikatakan, tidak ideal untuk tempat membangun gedung-gedung besar pencakar langit seperti yang banyak terdapat di Shanghai tersebut.
Tidak heran, jika permukaan tanah di Kota ini selalu menurun setengah inci setiap tahunnya. Dan faktor lain yang menyebabkan kota ini diprediksi akan tenggelam adalah jumlah penduduknya yang tinggi.
Pada tahun 2001 saja, jumlah Penduduk di Kota ini jumlahnya mencapai 20 juta jiwa. Tak heran pula banyak orang-orang Cina kita jumpai di berbagai belahan Dunia ini, seperti di negara Indonesia juga.


   Mumbai-Maharashtra India

Mumbai, Kota yang terletak di India ini juga diprediksikan akan tenggelam oleh air, tepatnya pada tahun 2100 mendatang, sama seperti di Bangkok.
Hal ini dikemukakan oleh sekelompok aktivis Greenpeace, pada tahun 2008 silam. Mereka mengatakan, Mumbai akan tenggelam oleh air laut, hal ini dikarenakan oleh naiknya permukaan air laut di sekitar Mumbai setinggi 5 meter, yang disebabkan oleh cairnya permukaan es di Kutub.
Dalam laporan yang berjudul ‘Iklim Migran di Asia Selatan’ Greenpeace mencairnya es Kutub disebabkan oleh meningkatnya suhu Bumi hingga 4-5 derajat dikarenakan oleh pemanasan global.



   Jakarta-Indonesia

Miris, IbuKota dari Negara kita yang tercinta ini juga masuk dalam jajaran Kota yang akan tenggelam di Dunia ini.
Letak geografis yang berada dibawah permukaan laut, pengambilan air tanah yang secara berlebihan dan jumlah penduduknya yang jelas sangat padat; maka diperkirakan sekitar 20 tahun mendatang penduduk di kota Jakarta akan membludak hingga 40 juta jiwa, hal ini disurvey dari pertambahan Penduduk di negara Indonesia pada setiap tahunnya.
Dan hal di atas itulah yang tentunya akan menyebabkan kota Jakarta diprediksi akan tenggelam.
Faktor terbesar yang memungkinkan prediksi tersebut terjadi adalah ekstraksi (penyedotan) air tanah yang secara berlebihan.



*terselubung.in
0 Komentar untuk "5 Kota Besar Di Dunia Yang Terancam Tenggelam"

 
Copyright © 2015 Baca Berita - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top