Ikan-Ikan Yang Bisa Hidup Di Darat & Menyeberang Jalan


Ada beberapa dari jenis ikan yang bisa bertahan hidup meski tanpa air dalam periode waktu tertentu. Mereka bahkan punya sebuah sirip yang bisa digunakan di dua alam.
Sebenarnya, apa alasan ikan-ikan itu keluar dari dalam air? Berikut beberapa jenis ikan yang keluar dari dalam air dan bisa bertahan untuk hidup seperti yang dikutip dari nationalgeographic.co.id

Keluar dari dalam air untuk mendinginkan tubuh :
Beberapa jenis ikan merupakan jenis amfibi, yang berarti mereka biasanya bisa bertahan untuk hidup diluar air, Andy Turko dari University of Guelph di Ontario, Kanada, menjelaskan melalui surel.
Turko turut menuliskan studi terbarunya tentang jenis ikan Mangrove Rivulus (Kryotilebias Marmoratus), jenis ikan yang bisa melompat ke darat ketika suhu pada perairan tropis terlalu hangat.
Ikan menggunakan sebuah insangnya untuk mengambil oksigen dari air, tapi ada banyak ikan, seperti mangrove rivulus, memiliki adaptasi yang membuatnya bisa menghirup udara.

“Mangrove rivulus memiliki kulit jenis khusus yang dapat mengambil alih banyak fungsi insang, seperti menyeimbangkan kadar garam,” kata Turko.

Kulit super itu juga memiliki pembuluh darah yang terletak hanya satu micron dari permukaan kulit, itu memungkinkan lebih banyak oksigen yang terserap ke dalam darah.

Ikan lele berjalan, spesies asli dari Asia Tenggara yang menginvasi Florida Selatan, memiliki organ ekstra yang mendukung pada insangnya dan membantunya mengambil oksigen dalam udara.


Berjalan dengan sebuah Sirip
Ya! Memang benar-benar berjalan!

“Setelah hujan badai besar, tak aneh melihat lele ini berjalan melintasi jalan,” ujar George Burgess, seorang ahli ikan di Florida Museum of Natural History.

Ikan-ikan tersebut melenturkan badannya bolak-balik untuk bergerak, dan sirip pada dada yang berduri memberikan pengaruh tambahan.

Belut memanjat naik ke bendungan dan jika ada sebuah hambatan lain ketika berjalan ke arah hulu, menghirup udara melalui kulit mereka.

Ikan Killifish menggelepar dari satu tempat menuju ke tempat lain di darat, meskipun gerakan ini terlihat secara acak, “mereka tahu apa yang mereka lakukan,” tukas Burgess.
Menurut studi terbaru, salah satu dari jenis ikan killifish yang disebut Mummichog Menavigasi secara visual, melompat dan mengarahkan badannya ke air.

Akan tetapi ikan Salamander dari Afrika Barat meniup ikan lain keluar dari air. Mereka memiliki sebuah insang dan sebuah paru-paru bersifat primitif. Selama periode kering, hewan-hewan mengurung diri dalam kepompong berlendir, menggali ke dalam lumpur dan tertidur, kadang-kadang bisa sampai beberapa tahun lamanya.


Ikan bermata 4 (empat) memanjat ke lahan berlumpur di Brasil untuk memangsa binatang serangga.

“Ketika hujan turun, ikan-ikan itu muncul kembali ke bumi, mereka terlihat seperti pistachio lumpur,” kata Burgess.

Mengapa Ikan Menyeberangi Jalan?
Ikan meninggalkan air karena dengan beberapa alasan, seperti menghindar dari predator dan karena lingkungan yang minim oksigen.

“Ikan gabus dan ikan lele berjalan menuju ke “ladang yang lebih hijau” karena untuk mencari pasangan, makanan, atau jika karena sumber air di kolam mereka telah mengering,” Burgess menjelaskan.

Spesies yang disebut jenis ikan mata empat ketika memanjat ke lahan berlumpur di Brasil adalah untuk memangsa serangga, dan ikan Grunion jika naik ke darat adalah untuk bertelur di pantai California.



*terselubung.in
0 Komentar untuk "Ikan-Ikan Yang Bisa Hidup Di Darat & Menyeberang Jalan"

 
Copyright © 2015 Baca Berita - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top