Ini Alasannya Gendong Bayi Saat Maghrib


Maghrib merupakan waktu pergantian antara siang dan malam. Di waktu ini biasanya digunakan kaum Muslim untuk melaksanakan Shalat wajib tiga rakaat. Selain perintah Salat ternyata kita juga diperintahkan untuk melarang Anak keluar dari rumah di waktu Maghrib.

Oleh sebab itu, banyak orangtua yang menyuruh anak mereka untuk menghentikan segala aktivitas di luar rumah. Banyak pula orangtua zaman dahulu yang berpesan untuk segera menggendong atau memangku Bayi hingga Maghrib berlalu.

Ternyata hal itu bukan hanya sekadar Wejangan orangtua yang berbau mitos atau takhayul saja. Namun juga merupakan salah satu Perintah dari Rasulullah SAW.
Lalu apa alasan Rasulullah memerintahkan hal tersebut?

Waktu Maghrib adalah waktunya Jin dan Setan berkeliaran. Itulah sebabnya sebagai orangtua harus menjaga anaknya dari gangguan makhluk tersebut. Dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

"Bila Malam datang, tahanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya Setan menyebar kala itu! Dan jika sesaat waktu Malam telah berlalu, lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu dan bacakanlah Nama / Asma Allah! Karena sesungguhnya Setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup. Tutuplah bejana-bejana kalian dan bacakanlah Nama Allah meski engkau akan menghidangkannya. Dan padamkanlah lampu kalian." (Hadist Riwayat Al Bukhari dan Muslim).



*dream
0 Komentar untuk "Ini Alasannya Gendong Bayi Saat Maghrib"

 
Copyright © 2015 Baca Berita - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top