Pengertian Dari Istilah Program BIDIKMISI


Program Bidikmisi sebenarnya bukanlah suatu beasiswa yang identik dengan pada program memberikan penghargaan atau memberikan suatu dukungan dana terhadap mereka-mereka yang berprestasi. Akan tetapi program Bidikmisi adalah merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pihak Pemerintah bagi mereka-mereka yang memiliki potensi tingggi namun memiliki finansial yang tentunya tidak mencukupi untuk melanjutkan ke jenjang perguruan yang lebih tinggi (perguruan tinggi).

Berbagai jenis program bantuan beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan baik yang oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun yang dari dunia usaha atau industri sebenarnya sudah banyak diluncurkan. Akan tetapi bantuan-bantuan yang telah diberikan relatif belum bisa maksimal dapat memenuhi kebutuhan studi, jumlah sasaran dan belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.
Sehingga pihak dari Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mulai tahun 2010 pun juga ikut meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu program bantuan berupa biaya pendidikan bagi calon Mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan tetapi memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi pada program studi unggulan sampai lulus dan tepat pada waktunya.

MISI BIDIKMISI

1. Menghidupkan harapan bagi para masyarakat tentunya yang tidak mampu dan mempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
2. Menghasilkan sumber daya insani yang mampu untuk berperan dalam memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

TUJUAN BIDIKMISI

1. Meningkatkan akses dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi bagi para peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik yang baik;

2. Memberikan bantuan biaya pendidikan kepada calon/Mahasiswa yang dianggap memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat pada waktunya;

3. Meningkatkan prestasi dari Mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun pada bidang ekstra kurikuler;

4. Menimbulkan dampak iring bagi Mahasiswa dan calon Mahasiswa yang lainnya untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif;

5. Melahirkan lulusan-lulusan yang mandiri, produktif dan juga harus memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu untuk berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

SASARAN BIDIKMISI

Sasaran dari program ini adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau dalam bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun tersebut atau sudah lulus satu tahun sebelumnya yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.
Yang artinya, bahwa ijazah yang akan digunakan dalam pendaftaran program bidikmisi tersebut berumur tak lebih dari satu tahun.

Nah.. Bagi para sahabat yang lulusan tahun lalu atau yang akan lulus pada tahun ini bisa mencoba untuk mendaftarkan diri agar supaya bisa mendapatkan bantuan dari program ini. Dan jangan lupa untuk mengikuti terus info dan syarat pendaftaran bidikmisi di tahun 2015 .



*abimuda.com
0 Komentar untuk "Pengertian Dari Istilah Program BIDIKMISI"

 
Copyright © 2015 Baca Berita - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top